3 Teknik dalam membuat Coffe Latte art


3 Teknik dalam membuat Coffe Latte art - Hallo sobat coffee id, kali ini kita akan membahas tentang Latte art atau seni melukis di atas kopi.

Sebelum kita membahas Latte art, kita akan membahas terlebih dahulu tentang caffe latte apa sobat tahu tentang caffe latte ?

Caffe latte merupakan kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki busa yang tipis di bagian atasnya. Nah, busa ini yang akan di lukis oleh para barista.

Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffe latte adalah 3:1. Penemu kopi ini adalah Lino meiorin yang merupakan barista pertama di italia.

pada zaman dahulu caffe latte di sajikan pada mangkuk dan kemudian beralih menggunakan gelas bir.

Sekarang Caffe latte disajikan dalam cangkir dan diperindah dengan sentuhan seni latte art.

Latte art sendiri adalah cara menyiapkan kopi dengan menuangkan susu panas ke secangkir espresso dan menciptakan pola atau desain di permukaan latte. 

Selain itu bisa pula dengan langung "menggambar" di lapisan atas busa. latte art sulit dibuat secara konsisten, karena dibutuhkan kondisi yang tepat antara espresso dan susu. 

Hal ini dibatasi pula oleh pengalaman barista dan kualitas mesin espressonya. Tuangan itu sendiri kemudian menjadi tantangan terakhir bagi para seniman latte.

Dikutip dari laman = Wikipedia

Sudah paham kan sobat, dalam Membuat latte art membutuhkan kecermatan. Syarat penting dalam membuat latte art adalah latte (susu) yang dimasukkan haruslah dalam kondisi panas. 

Kondisi panas itulah yang menimbulkan foam (busa) yang bisa dikreasikan menjadi ilustrasi yang menarik. sobat bisa menggambar latte art secara manual menggunakan tusuk gigi atau mesin khusus.
Ada 3 Teknik pembuatan Latte art lho sobat, di antaranya :

Teknik Latte Art 2D


Dari Judulnya sudah bisa ditebak, Latte art 2D ini memiliki bentuk gambar 2 dimensi. Para Barista biasanya menggambar bentuk sederhana dengan cara menungankan Latte secara perlahan-lahan membentuk suatu gambar sederhana.

Di negeri matahari terbit alias jepang, latte art telah berkembang dengan banyak gambar anime yang di lukis secara manual. 


Sedangkan di indonesia Latte art 2D sendiri lebih dominan dengan gambar-gambar tumbuhan, hewan dan yang pasti cantik cantik.


Teknik Latte Art 3D


Teknik yang satu ini membutuhkan kecepatan yang tinggi. Para barista menggunakan busa untuk kemudian dibentuk menjadi karakter-karakter yang kita inginkan.

Untuk belajar Teknik Latte Art 3D dibutuhkan waktu yang lama lho sobat, bahkan barista yang handal pun belum tentu bisa membuatnya.

Dari bentuknya akan membuat sobat mikir 2x untuk meminumnya hehe.... karena bentuk nya yang lucu dan menggemaskan.



Bagi sobat yang ingin mencicipi kopi latte art 3D ini sobat harus merogoh kocek yang lumayan dalam, karena pembuatanya yang sangat sulit jadi wajar bila kopi latte art 3D ini berharga lumayan mahal.

Bila sobat ingin membeli kopi latte art 3D gausah jauh-jauh keluar negeri, karena di indonesia sendiri sudah banyak Cafe yang menyediakan kopi latte art 3D.


Teknik Latte Art Print


Teknik ini merupakan inovasi terbaru dari teknik latte art yang lain. Teknik latte art print ini mengandalkan mesin printer sebagai alat pencetak foto di atas kopi.

Mesin ini diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan minuman kopi dari Taiwan yaitu Let’s Coffee.Kemungkinan mesin ini juga akan menjadi saingan para seniman kopi di seluruh dunia.

Sobat Coffee id bisa juga meminta di print kan gambar, sesuai yang sobat inginkan. Bagus bukan ?


Bagi yang mau belajar membuat latte art silahkan baca artikel di sini :
  • Baca juga : Cara membuat Latte art tanpa mesin

Kata kunci yang anda cari : 
Latest

Post Comment

1 komentar:

Waa informasinya sangat membantu sekali, makasi banyak yah! Jadi tau teknik-tekniknyaa ih keren!