7 Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat meminum kopi untuk kesehatan

Manfaat Kopi untuk kesehatan - sahabat Coffe Id hari ini admin mau share tentang Manfaat kopi bagi kesehatan, selain memiliki rasa yang nikmat, kopi juga mengandung sejuta khasiat, silahkan disimak baik-baik ya sobat coffe id.

kopi merupakan sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi, biasanya biji kopi dihaluskan dulu lalu diseduh dengan air hangat atau panas.

Kopi sudah dianggap sebagai salah satu minuman elit di seluruh dunia, terutama di negara kita Indonesia yang notabene merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Kopi juga sudah menjadi minuman sehari-hari di berbagai daerah di belahan dunia, biasanya diminum 1-3 kali sehari, Tapi jangan terlalu banyak meminum kopi karena tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Kopi bermanfaat untuk mengilangkan rasa kantuk dan menambah energi bagi peminumnya. Zat Kafein yang terkandung di dalam kopi bermanfaat untuk merangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. 

Dengan meminum secangkir kopi 1x sehari, kopi bermanfaat sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit, sehingga setelah meminum kopi badan sobat menjadi segar dan bersemangat kembali. 

Menurut ilmu kesehatan, Kopi bukan termasuk dalam kategori minuman yang bisa membuat peminumnya menjadi sehat. 

Namun meski begitu, dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan, ternyata meminum kopi dalam dosis yang tepat memiliki banyak sekali manfaat dan mampu menghindarkan sobat dari berbagai penyakir serius.

Mungkin, manfaat dan kegunaan kopi yang sobat ketahui hanya sebagai penghilang rasa kantuk saja, namun tahukah sobat ternyata meminum kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sobat, misalnya menghindari resiko terkena penyakit kanker. 

Sobat jangan meminum kopi secara berlebihan, bukanya dapat manfaat kopi tapi malah akan membayakan kesehatan sobat. 

Nah, kali ini coffe id sudah merangkum beberapa manfaat kopi dari berbagai sumber yang terpercaya silahkan disimak dengan baik...

1. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Kulit

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan.html

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa minum kopi 4 cangkir setiap hari membantu dalam mencegah penyakit kanker kulit. 

orang yang sering meminum kopi mempunyai resiko sekitar 20% lebih rendah terserang ganasnya kanker kulit melanoma dari pada orang yang jarang meminum kopi.

Semakin banyak sobat meminum kopi, semakin kecil resiko terkena penyakit kanker kulit melanoma ini, Seperti yang dilansir dari laman Natural Society.

Kanker kulit melanoma sendiri merupakan jenis kanker kulit yang sangat berbahaya, dapat merusak kulit dan juga DNA. Wah, sangat menyeramkan ya sobat, cara untuk mencegah resiko terkena penyakit ini ya dengan meminum kopi secara rutin.

Walau demikian, bagi sobat pecinta kopi sejati bukan berarti dapat sesukanya meminum kopi melebihi dosis yang tidak wajar setiap harinya, alih-alih pengen mendapat manfaat kopi malah sobat akan mengalami darah tinggi akibat kafein yang menumpuk di dalam tubuh terlalu banyak.

2. Bermanfaat untuk kecantikan

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan.html

Apakah sobat tahu, selain mencegah dari penyakit kanker, kopi juga ternyata bermanfaat bagi kecantikan seorang wanita lho sobat.. 

Coba sobat buat segelas kopi lalu masukan kedalam cetakan es batu. Kemudian bekukan ke dalam freezer sampai beku, lalu oleskan potongan es batu kopi tersebut ke wajah seperti lotion. 

Setelah itu cuci muka sobat dengan air sampai bersih, tidak hanya untuk wanita tapi cara ini juga bisa dilakukan oleh pria, karena selain bermanfaat bagi kecantikan seorang wanita ternyata ada juga beberapa manfaat juga, diantaranya : 
  1. Mencegah dan mengurangi kerutan di kulit
  2. Mencegah timbulnya jerawat
  3. Melembabkan kulit wajah
  4. Menghilangkan Selulit
  5. Membantu menghilangkan sel kulit mati
  6. Memberikan Nutrisi bagi Kulit


3. Memperkuat daya ingat

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan.html

Zat Kafein yang terdapat didalam kopi juga bermanfaat untuk menambah daya ingat lho sobat. Salah seorang peneliti, yaitu Michael A Yassa PHD, mengatakan :

"Kafein dapat merangsang Norepinefrin yang memiliki efek positif terhadap memori otak. selain itu, kafein juga berguna memperkuat komunikasi antara saraf-saraf di region CA2 hipokampus, yang merupakan bagian dari otak yang mengandung memori. "

jadi bagi sobat yang sedang ujian sekolah/kuliah disarankan meminum kopi satu sampai dua cangkir ketika belajar, karena bermanfaat memperkuat daya ingat sobat dalam belajar.

4. Memperbaiki Fungsi Hati

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan.html

Meminum kopi 3x sehari dapat memperbaiki fungsi Hati sobat, karena dapat memperbaiki enzim enzim yang ada di dalam Hati.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr Qian Xiao daru National cancer Institute di Maryland mengatakan :

"Penelitian sebelumnya menemukan bahwa minum kopi mungkin memiliki efek perlindungan pada hati. Namun, tidak jelas apakah manfaat tersebut juga diperoleh dari kopi tanpa kafein," Jelas Dr Qian Xiao.

"Temuan kami menemukan hubungan asupan kopi utuh maupun tanpa kafein dengan penurunan kadar enzim hati. penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi apakah bahan-bahan tersebut." 


5. Mencegah Ejakulasi Dini

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan.html

Ejakulasi dini merupakan masalah serius pada seorang pria, apakah sobat juga mengalaminya ?. Tenang, karena dengan meminum secangkir kopi bermanfaat mencegah Ejakulasi dini lhoo...

Terutama kopi hitam karena kopi hitam mengandung kandungan dari beberapa manfaat dalam membantu meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan kualitas hubungan seksual.

Dengan meminum kopi akan meningkatkan dorongan seksual. Dorongan ini akan menstimulasi bagian tertentu pada otak agar bisa menimbulkan suatu rangsangan tertentu.

Bagi sobat yang mengalami masalah Ejakulasi dini, biasakan meminum kopi sebelum jam 14.00 karena kalau meminum kopi setelah jam tersebut, bisa mengakibatkan susah tidur.

6. Menjaga Kesehatan Mata

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan.html

Kopi mengandung suatu antioksidan, yaitu asam Klorogenik (CLA). Antioksidan ini dapat mencegah terjadinya degenerasi retina pada tikus percobaan.

Pada manusia, degenerasi retina dapat menyebabkan terjdinya glaukoma,diabetes, dan penuaan.
Tapi butuh penelitian lebih lanjut terhadap informasi ini sobat.


7. Memperpanjang umur

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan.html

Ternyata kopi bisa membuat umur panjang lho sobat ? Secangkir kopi hangat sangat baik untuk kesehatan jantung sehingga bisa panjang umur. Wooow..... hebat bukan

Penemuan ini dipublikasikan dalam Kedokteran Vaskular dan difokuskan untuk mengamati penduduk Ikaria, Pulau Yunani, di mana mereka memiliki rentang hidup terpanjang di dunia.

Para ilmuwan tertarik untuk mengetahui bagaimana penduduk pulau menemukan rahasia untuk hidup lebih lama. 

Gerasimos Siasos, seorang dokter dan profesor di University of Athens Medical School, dan rekan-rekannya ingin menjelajahi populasi lansia yang minum kopi dan efeknya pada kesehatan mereka.

Endotelium adalah lapisan sel yang melapisi pembuluh darah, yang dipengaruhi oleh kebiasaan gaya hidup dan penuaan. 

Para peneliti berfokus pada kopi karena penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa konsumsi kopi moderat dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner, mereka bertanya-tanya apakah itu bisa memiliki dampak positif pada area lain dari kesehatan endotel.

Sebagai contoh, sebuah studi dari 2009 melaporkan bahwa asupan tinggi kopi, kopi tanpa kafein, dan teh semua terkait dengan penurunan risiko diabetes.

Kopi Yunani adalah kopi yang dikonsumsi orang Yunani yang pada umumnya direbus dalam panci dan disajikan dalam cangkir namun ampasnya dibiarkan mengendap ke bawah.

Para peneliti merekrut 142 Ikarians (71 perempuan dan 71 laki-laki) yang berusia di atas 65 tahun dan telah tinggal di pulau sepanjang hidup mereka. Mereka melakukan analisis mereka menggunakan data pemeriksaan kesehatan (untuk diabetes, tekanan darah tinggi) dan kuesioner untuk mengukur gaya hidup peserta, minum kopi, kesehatan medis, dan diuji fungsi endotel mereka.

Para peneliti meneliti semua jenis kopi yang dikonsumsi oleh para peserta. Anehnya lebih dari 87 persen dari mereka dalam studi minum kopi Yunani setiap hari. Peserta yang minum kopi Yunani memiliki fungsi endotel yang lebih baik daripada mereka yang minum jenis lain kopi.

Bahkan pada sukarelawan yang memiliki tekanan darah tinggi, konsumsi kopi dikaitkan dengan fungsi endotel yang lebih baik, tanpa pengaruh negatif pada tekanan darah.

Gerasimos Siasos menyimpulkan:

"Jenis Kopi Rebus Yunani, yang kaya akan polifenol dan antioksidan dan hanya berisi jumlah moderat kafein, tampaknya untuk mengumpulkan keuntungan dibandingkan dengan minuman kopi lainnya."

Penelitian ini memberikan bukti baru yang menunjukkan hubungan antara kesehatan jantung dan kesehatan gizi. Karena konsumsi kopi begitu meluas, bahkan efek kesehatan kecil setidaknya satu jenis kopi bisa memiliki pengaruh besar pada kesehatan masyarakat.

Para penulis menyarankan bahwa studi lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi efek menguntungkan yang tepat dari kopi pada kesehatan jantung.

Kalo tentang umur cuma Tuhan yang tahu, manusia cuma berusaha menjaga kesehatannya.

Penutup

Nah, itu tadi informasi mengenai 7 Manfaat meminum kopi untuk kesehatan tubuh sobat. 

sobat hanya perlu meminum kopi secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.ini dikarenakan kopi juga cukup berbahaya jika sobat mengkonsumsinya secara berlebih. 

cukup minum kopi 2-3 cangkir sehari dan jangan terlalu banyak menambahkan gula agar efek kafein bisa bekerja secara maksimal bagi tubuh sobat. 

so sekian dulu artikel dari Coffe Id kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat para penikmat kopi tanah air.

Post Comment