7 Fakta Menarik Tentang Kopi

7 Fakta Menarik Tentang Kopi

7 Fakta Menarik Tentang Kopi - Hello sobat coffee id, kali ini coffee id akan memberikan informasi mengenai 7 Fakta Menarik Tentang Kopi yang saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya.  

1. Penemu Kopi adalah Kambing

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-fakta-menarik-tentang-kopi.html

Sobat pasti heran kan dengan ini ? yap, memang benar penemu kopi memang kambing, konon kisah ini berasal dari daerah Etiopia, Afrika Timur.

Dikisahkan hiduplah seorang pengembala kambing yang bernama Khaldi, dia dikenal sebagai pengembala yang baik dan sangat bertanggung jawab terhadap hewan-hewan gembalanya.

Suatu hari, kambing-kambing tersebut tidak pulang dan Khaldi pun mencarinya. ketika khaldi menemukan kambingnya dia heran, kambing-kambing gembalanya seperti orang mabuk.

Penasaran, Khaldi pun mencari tahu kenapa kambing-kambingya seperti orang mabuk, Khaldi kemudian melihat sekumpulan biji-biji merah yang berada di semak-semak dan di makan oleh kambing-kambingnya.

Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, Khaldi pun memakan biji-biji tersebut, setelah beberapa saat Khaldi pun merasa riang dan seperti orang mabuk.

Saat itu lewatlah seorang pria terpelajar asal kota, pria bernama Aucuba itu merasa mengantuk, lelah, dan lapar. 

Aucuba yang kebetulan menyaksikan aksi gila seorang pengembala dan gembalanya. Saking laparnya, Aucuba pun mencoba beberapa biji kopi tersebut.

Tak berapa lama, Aucuba merasa tubuhnya kembali segar, tenaganya pulih dan rasa mengantuknya hilang. Sebelum melanjutkan perjalanan, Aucuba membawa biji-biji tersebut.

Setelah itu Aucuba memperkenalkan kopi ke kota-kota disana, lalu kopi pun terkenal sampai sekarang ini.

soo sobat harus berterimakasih kepada kambing ini ya sob, berkat kambing ini kita dapat merasakan kenikmatan kopi.

2. Kopi pahit bukan karena kafein

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-fakta-menarik-tentang-kopi.html

Sobat pecinta kopi pasti bertanya-tanya mengapa kopi itu pahit ?, bila sobat mengira kopi pahit karena kafein berarti sobat salah besar !

Bahkan akibat pertanyaan sederhana ini, para ilmuan dibuat bingung 7 keliling akibat pertanyaan ini.
Tapi mereka berhasil mengidentifikasi 2 senyawa yang menjadi tersangka yang menimbulkan rasa pahit pada kopi.

Menurut hasil penelitian dari American Chemical Society, diketahui bahwa proses pembuatan kopi lah yang menghasilkan kedua senyawa tersebut. Tentu saja, temuan ini menghasilkan berbagai teknik membuat kopi yang beragam di dunia.

Perlu sobat ketahui, didalam kopi terdapat sekitar 30 senyawa kimia yang masing-masing berkontribusi pada karakteristik rasa, aroma dan bahkan keasaman.

3. Kopi bisa membunuhmu

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-fakta-menarik-tentang-kopi.html

Kopi memang bisa membunuh sobat, coba saja sobat minum kopi yang di campur sama sianida hehehe... sorry bercanda.

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menyebabkan denyut jantung yang tak teratur dan kejang kejang.

Tapi itu terjadi kepada orang yang mengkonsumsi kafein lebih dari 10 gram, lalu berapa kadar kafein dalam secangkir kopi ?

Biasa nya secangkir kopi mengandung kira kira 120 mg kafein, jadi untuk mendapatkan kadar kafein 10 gram seseorang perlu meminum 85 cangkir kopi.

Bagi penderita Hipertensi alias darah tinggi, sebaiknya jangan terlalu sering meminum kopi. Maksimal minum kopi 2x sehari bagi penderita Hipertensi.

Bila lebih dari itu, kemungkinan resiko terkena serangan jantung meningkat hingga 4x lipat. Sayangi jantung anda !

Bagi sobat yang sehat, juga batasi minum kopi dan jangan terlalu sering meminum kopi instan karena lebih berbahaya dari pada kopi asli.

Sedikit cerita, admin punya seorang paman yang doyan minum kopi dan merokok. Sehari bisa menghabiskan sedikitnya 10 cangkir kopi hitam.

Sekitar 5 tahun yang lalu, dia mengalami Stroke akibat terlalu banyak minum kopi apalagi di tambah dengan rokok.

Pada bulan ramadhan 2015 kemarin beliau meninggal karena penyakitnya, semoga amal ibadahnya di terima disisinya,Amin.

Walau demikian, bukan berarti setelah anda membaca artikel ini jadi berhenti meminum kopi. 
Dengan meminum kopi sesuai dosisnya malah sobat akan mendapatkan manfaat yang banyak. Gak percaya ?


4. Kopi bikin susah tidur

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-fakta-menarik-tentang-kopi.html

yang satu ini pasti sobat sudah tau, kopi ini memang bisa bikin kita susah tidur. Tapi apakah sobat tahu mengapa kopi bisa bikin peminumnya susah tidur ?

Kopi mengandung racun, eh senyawa maksudnya yang biasa disebut Kafein, Senyawa kafein ini menjadi penyebab kopi bisa bikin kita susah tidur.

Kafein dapat mendorong hormon dalam tubuh akan bekerja dengan cepat dan aktif, Termasuk kerja jantung dan otak.

Maka dari itu disarankan agar sobat meminum kopi 6 jam sebelum waktu tidur sobat.

5. kopi bisa meredakan rasa sakit

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-fakta-menarik-tentang-kopi.html

Selain bisa bikin mata jadi melek, ternyata kopi juga bisa meredakan rasa sakit lho sobat. Lagi lagi kafein yang menjadi tersangkanya. 

Bagi sobat yang pekerja kantoran apalagi penulis seperti saya, pasti akan merasakan pegal pada area punggung saat berada di depan komputer berjam-jam lamanya.

Untuk meredakan pegal cobalah minum secangkir kopi hangat, dan lihat reaksinya. Pegal-pegal akan hilang. Saya sendiri sudah memcobanya.

Ini bukan kebetulan apalagi sulap, karena sudah ada penelitianya.

menurut penelitan dari Universitas Oslo. Mereka menjelaskan kopi dapat berfungsi sebagai painkiller atau penghilang rasa sakit, seperti yang dilansir Genius Beauty.

Para dokter melakukan percobaan dengan melibatkan 48 pekerja kantoran. Para relawan diberikan tugas-tugas rutin seperti pada umumnya. Mereka harus duduk selama setengah jam di depan komputer, dan tidak diizinkan untuk berdiri. 

Secara priodik, dokter meminta peserta untuk merasakan rasa nyeri dalam tubuh saat duduk di depan komputer. Umumnya, rasa nyeri tubuh akan terasa jika seseorang duduk terlalu lama, terutama pada bagian punggung.

Sebanyak 40 persen peserta diberikan secangkir kopi, dan sisanya 60 persen tanpa kopi.

Kelompok kedua relawan merasa sangat tidak nyaman, terutama di bagian belakang. Sedangkan kelompok pertama tidak merasakan rasa sakit atau keluhan.

Bahkan jika ada rasa nyeri, rasa tersebut tidak terlalu terasa seperti peserta yang tak minum kopi. Dengan demikian, para dokter membuktikan bahwa kafein dapat bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit saat tubuh mengalami ketegangan otot.

Dikutip dari laman : viva.co.id

Nah, sudah jelas kan sobat kopi memang bisa membantu meredakan rasa sakit.

6. kopi bisa meningkatkan gairah seksual

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-fakta-menarik-tentang-kopi.html

untuk yang ini saya sendiri belum pernah mempraktekanya sob, mengapa ? karena saya sendiri belum memiliki pasangan hidup. (Sekalian promosi)

tapi menurut penelitian dari ahli kesehatan di Harvard School of Public Health mengatakan kopi dapat memberikan efek penambah energi dan mempelancar sirkulasi darah yang mengakibatkan gairah seksual peminumnya meningkat. 

Nah, bagi sobat yang sudah memiliki pasangan cobalah sebelum melakukan hubungan intim minum kopi dulu, dan rasakan sensasinya ! hehe....

7. Kopi bisa bikin sering buang air kecil

http://coffe-indo.blogspot.com/2016/02/7-fakta-menarik-tentang-kopi.html

Apa sobat sering merasakan ketika sedang menikmati secangkir kopi lalu merasakan ingin buang air kecil ?, ternyata itu efek dari kopi yang sobat minum.

Memang betul kopi bisa bikin kita sering buang air kecil, ini karena senyawa kafein yang terkandung dalam kopi bisa menyebabkan efek diuretik sob.

diuretik sendiri adalah zat yang menyebabkan produksi urin pada ginjal menjadi cepat, itulah yang menyebabkan sobat sering ke buang air kecil setelah meminum kopi.

Sekian 7 fakta menarik tentang kopi dari coffe id, bila artikel ini memberi manfaat kepada sobat, tolong share artikel ini :)

Kata kunci yang anda cari

Post Comment